Sabtu, 12 Mei 2012

BLUE OCEAN STRATEGY


Entah benar atau tidak cara menulis strategy ini, tapa kata tersebut didapat tadi siang saat diajak jalan-jalan pak Haliman yang ramah dalam perjalanan jalan kaki dari ruang rapat menuju salah satu outlet  Indomaret yang berada di kawasan kantor pusat PT. Indomarco Prismatama di kawasan ancol Jakarta.

Setelah pertemuan yang hangat dan banyak menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang mudah-mudahan cukup membumi untuk dapat ditindak lanjuti, jam masih menunjukkan pukul 11.15 sehingga merupakan jam yang sangat tanggung.....nasi kotak yang dipesan untuk konsumsi meeting belum hadir, sementara deal sudah tercapai. Maka diputuskan dilaksanakan pertemuan informal, masing-masing anggota dapat ngobrol masing-masing. Kebetulan aku diajak sama pak Haliman (direktur kebijakan) dan pak Wiwiek (managing direktur) untuk meninjau salah satu outletnya. Sepanjang perjalanan sekitar 400 meter inilah, aku menjejeri pak Haliman ngobrol tentang bagaimana hubungan antara Indomaret dengan Alfa.

Jawaban yang keluar dari beliau sungguh diluar dugaan, alih-alih aku berfikir dia akan bilang bahwa Alfa itu merupakan pesaing dan pengganggu karena mereka dibesarkan oleh alumni Indomaret, ternyata sambil tersenyum simpatik beliau bilang "kami adalah keluarga" seperti kakak adik. Konsumen dapat dilayani oleh Indomaret atau oleh Alfa. Kalau tidak ada Indomaret, maka ditempat tersebut akan didirikan Alfa, demikian juga kalau tidak ada Alfa maka ditempat tersebut akan didirikan Indomaret. Ketika aku coba chalenge dengan menanyakan kenyatannya dilapangan bahwa banyak Indomaret yang letaknya bersebelahan dengan Alfa ? Pak Haliman menyatakan bahwa kami ini seperti kakak adik, jadi kadang perlu kumpul juga. 240 juta konsumen itu bukan angka yang mudah untuk dapat dilayani oleh hanya satu perusahaan peritel.

Salah satu misi Indomaret adalah mencetak sumber daya manusia yang tangguh dibidang ritel, dan itu cukup berhasil dengan banyaknya alumni Indomaret yang berkarya di Alfa. Disamping itu dengan adanya perusahaan sejenis asli pribumi, menjadi sparing partner yang baik untuk terus menerus meningkatkan pelayanan, yang pada akhirnya akan memberikan keuntungan bagi konsumen serta sebagai modal awal persiapan masuknya peritel asing seperi seven eleven ataupun circle K. Bagaimana coba, seandainya tidak ada Alfa ? Maka hal-hal tersebut tidak akan tercapai ujar pak Haliman dengan serius.

Pikiran saya langsung melayang kepada cerita Bapak petani jagung di Amerika yang setiap tahun mendapat penghargaan sebagai petani yng dapat mengasilkan jagung terbaik. Ketika ditanyakan resepnya, sederana saja bahwa beliau membagi-bagikan benih jagungnya kepada petani lain disekitarnya. Beliau menyebutkan, bukankah perkawinan antara serbuk sari dengan putik itu dilakukan dengan perantaraan angin ? Coba seandainya tetangga kami menanam varietas yang tidak baik ? Bukannya tidak mungkin pada akhirnya, benih kami juga menjadi tidak baik, sehingga pada musim berikutnya produktifitas jagung kami akan menurun.

Betapa indah andai persaingan-persaingan bisnis disikapi oleh orang-orang seperti pak Haliman dan petani jagung tersebut. Itulah yang dinamakan blue ocean strategy, kata bosku berbisik, mungkin karena aku kelihatan masih menatap kosong seakan tidak percaya ? Oooooooo blue ocean strategy ? Ternyata indah ya ? Seperti cerita di dongeng-dongeng. Andai partai politik, cabup, cagub, atau pengurus pssi tahu akan hal ini.........hehehehehe, tidak ada kejadian 10 - 0 yang bukan hanya memalukan tetapi juga memilukan.

Aku teringat pada pelajaran agama yang diajarkan oleh guru-guruku, bahwa yang akan dibawa ke akhirat nanti hanya 3 hal yaitu shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do'a anak soleh. ternyata ketiga hal tersebut semuanya adalah manfaat kita selama hidup terhadap orang lain. Orang yang paling beruntung adalah orang yang paling banyak memberikan manfaat pada orang lain. Jadi, mengapa seluruh fokus dan pikiran kita, energi kita, hampir seluruhnya selalu ditujukan pada diri sendiri ?


(salam hangat dari kang sepyan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar